Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru

1.    PengertianKepala Sekolah

Kepemimpinan kepala sekolah merupakan kunci keberhasilan lembaga pendidikan .Kepala sekolah berasal dari dua kata “kepaladan sekolah”. Kata kepala diartikan sebagai ketua atau pemimpin dalam suatu organisasi atau  lembaga. Sedangkan sekolah adalah sebuah lembaga dimana menjadi tempat    menerima dan memberi pelajaran.


Kepala   sekolah  merupakan  personel  sekolah  yang   bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan-kegiatan sekolah, mempunyai wewenang dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan sekolah yang dipimpinnya dengan dasar pancasila yang bertujuan  untuk:

a.  Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang MahaEsa.
b. Meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan.
c. Mempertinggi budipekerti.
d. Memperkuat kepribadian.
e. Mempertebal semangat kebangsaan dan cintatanah air.
F. Mulyasa menjelaskan  bahwa  kepala  madrasah  adalah  motor
 

2     Peran, Fungsi dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah

Kepala sekolah yang berhasi ladalah mereka yang memahami keberadaan madrasah sebagai organisasi  yang komplek dan unik, serta mampu melaksanakan peranan kepala sekolah sebagai seorang pemimpin yang diberitanggung jawab untuk memimpin sekolah. Berbicara tentang Peran kepala sekolah terkait peningkatan kinerja, maka peran kepala sekolah pada masing-masing lembaga pendidikan berbeda.

Seorang kepala sekolah tidak hanya bertanggung jawab atas kelancaran sekolah secara teknis akademis saja, melainkan juga bertanggung jawab dengan kondisi dan situasinya serta hubungannya dengan masyarakat sekitarnya. Kegiatan  yang menjadi tanggung jawab kepala sekolah antara lain sebagai berikut:

a.    Kegiatan mengatur proses belajarmengajar.
b.    Kegiatan mengatur kesiswaan.
c.    Kegiatan mengatur personalia.
d.    Kegiatan mengatur peralatan pembelajaran.
e.    Kegiatan  mengatur  dan  memelihara  gedung  dan perlengkapan. sekolah.
f.    Kegiatan mengatur keuangan.
g.    Kegiatan mengatur hubungan sekolahdengan masyarakat.

3.  Syarat-syarat Kepala Sekolah

Pengalaman kerja merupakan syarat penting yang tidak dapat diabaikan. Tugas dan tanggungjawab kepala sekolah sangat besar,oleh sebab itu untuk menjadi kepala sekolah harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Adapun syarat tersebut antaralain:

a.    Memiliki ijazah yang sesuai dengan ketentuanya ngtelah ditetapkan oleh  pemerintah.
b.    Mempunyai pengalaman kerja yang cukup ,terutama disekolah yang sejenis dengan sekolah yang dipimpinnya.
c.    Mempunyai sifat kepribadian yang baik ,terutama sikap dan sifat yang diperlukan bagi kepantingan pendidikan.
d.    Mempunyai keahlian dan pengetahuan yang luas,terutama mengenai bidang-bidang pengetahuan pekerjan yang diperlukan bagi madrasah yang dipimpinnya.
e.    Mempunyai ide dan inisiatif yang baik untuk kemajuan dan pengembangan sekolahnya.

4.  Kepala Sekolah sebagai Edukator atau Pendidik

Dalam  melakukan  fungsinya  sebagai  edukator,  kepala    sekolah  harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan propesionalisme tenaga kependidikan di sekolahnya. Menciptakan iklim sekolah yang kondusif, memberikan nasihat kepada warga sekolah, memberikan dorongan kepada seluruh tenaga kependidikan, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik seperti team teaching, moving class, dan mengadakan program akselerasi bagi peserta didik yang cerdas di atas normal.


5.   Kepala Sekolah sebagai Manajer

Manajemen pada hakekatnya merupakan suatu proses merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, memimpin dan mengendalikan usaha para anggota organisasi serta mendayagunakan seluruh sumber-sumber daya organisasi dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dikatakan suatu proses, karena semua manajer dengan ketangkasan dan keterampilan yang dimilikinya mengusahakan dan mendayagunakan berbagai kegiatan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan.


6.   Kepala Sekolah sebagai Administrator

Kepala sekolah sebagai administrator memiliki hubungan yang sangat erat dengan berbagai aktivitas pengelolaan administrasi yang bersifat pencatatan, penyusunan dan pendokumenan seluruh program sekolah. Secara spesifik, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mengelola kurikulum, mengelola administrasi peserta didik, mengelola administrasi personalia, mengelola administrasi sarana dan prasarana, mengelola administrasi kearsipan, dan mengelola administrasi keuangan. Kegiatan tersebut perlu dilakukan secara efektif dan efisien agar dapat menunjang produktivitas sekolah. Untuk itu, kepala sekolah harus mampu menjabarkan kemampuan di atas dalam tugas-tugas operasional.


7.   Kepala Sekolah sebagai Supervisor

Kegiatan utama pendidikan di sekolah dalam rangka mewujudkan tujuannya adalah kegiatan pembelajaran, sehingga seluruh aktivitas organisasi sekolah bermuara pada pencapaian efisiensi dan efektivitas

pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu tugas kepala sekolah adalah sebagai supervisor, yaitu mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kependidikan.

Pada prinsipnya setiap tenaga kependidikan atau guru harus disupervisi secara periodik dalam melaksanakan tugasnya. Jika jumlah guru cukup banyak, maka kepala sekolah dapat meminta bantuan wakilnya atau guru seniornya untuk membantu melaksanakan supervisi. Keberhasilan kepala sekolah sebagai supervisor antara lain dapat ditunjukkan oleh (1) meningkatnya kesadaran guru untuk meningkatkan kinerjanya (2) meningkatnya keterampilan guru dalam melaksanakan tugasnya. Kepala sekolah juga harus berupaya menjadikan sekolah sebagai sarana belajar yang lebih efek


8.   Kepala Sekolah sebagai Leader

Kepala sekolah sebagai leader harus mampu memberikan petunjuk  dan pengawasan, meningkatkan kemauan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah, dan mendelegasikan tugas. Wahjosumijo (2002 : 110) mengemukakan bahwa kepala sekolah sebagai leader harus memiliki karakter khusus yang mencakup kepribadian, keahlian dasar, pengalaman dan pengetahuan professional, serta pengetahuan administrasi dan pengawasan.

9.   Kepala Sekolah sebagai Inovator
Dalam rangka melaksanakan peran dan fungsinya sebagai innovator, kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan, mencari gagasan yang baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, memberikan teladan kepada seluruh tenaga kependidikan di sekolah dan mengembangkan model pembelajaran yang inovatif.


10.   Kepala Sekolah sebagai Motivator
    Sebagai motivator, kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada para tenaga kependidikan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya. Motivasi ini dapat ditumbuhkan melalui pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, disiplin, dorongan, penghargaan secara efektivitas dan penyediaan sebagai sumber belajar melalui pengembangan pusat sumber belajar (PSB).

Related Posts

Subscribe Our Newsletter